Selasa, 03 Juni 2008

INFO kesehatan

Empat Faktor Utama Yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh 4 faktor utama. Yakni, genetik, anatomi atau postur tubuh, gizi dan mekanik. Faktor genetik kebanyakan diturunkan langsung dari kedua orang tua atau anggota keluarga yang lain. Artinya, dengan melihat portur tubuh orang tua, sudah bisa menebak anaknya nanti bakal seperti apa. Menurut kebanyakan orang, “kalau keturunannya tinggi, biasanya anak-cucunya juga tinggi-tinggi.”

Selain itu, dipengaruhi suku bangsa dan ras. Suku bangsa Amerika dan Eropa cenderung lebih tinggi dibandingkan suku bangsa di Asia. Namun, faktor genetik ini bisa dipatahkan bila kebutuhan gizi seseorang terpenuhi dengan baik.

Tinggi badan juga dipengaruhi anatomi tulang penopang tubuh. Mulai tulang kepala, leher, punggung atas dan bawah serta panjang kaki. Normalnya, dilihat dari tulang punggung itu memang tampak lurus. Tapi, bila dilihat dari samping, maka dari leher higga tulang ekor bentuknya sedikit berlekuk.Bila ada gangguan anatomi pada salah satu tulang tersebut, bisa mempengaruhi tinggi seseorang.

Tinggi seseorang bisa dimanipulasi ketika masih dalam masa pertumbuhan. Menurut dr Erwien Isparnadi SpOT, “pertumbuhan dan perkembangan tulang tersebut ditentukan oleh growt plate atau lempeng pertumbuhan. Lempeng pertumbuhan ini terletak sekitar persendihan.”

Rangsangan pada growt plate mempengaruhi panjang pendeknya tulang di area bersangkutan. Pada pria, growt plate akan menutup pada usia 21 tahun. Sedangkan pada wanita, menutup pada 17 tahun.

Faktor keempat adalah faktor mekanik. Olahraga merupakan salah satu yang termasuk dalam faktor mekanik. “agar tinggi tubuh bisa mencapai maksimal, pilihlah olahraga yang menstimuli growt plate” sarannya.

Misalkan, olahraga yang banyak menggunakan gerakan meloncat. Seperti volly, basket dan bulutangkis. Saat meloncat keatas, ada tarikan gravitasi bumi yang melawan gerakan. Inilah yang merangsang lempeng pertumbuhan terus tumbuh. Sebaliknya, saat menghentakkan kembali di tanah ada tekanan pada growt plate yang secara tidak langsung merangsang growt plate untuk tumbuh.


By; M. Zum'an Azmi

Tidak ada komentar: